Sebulan Bekerja Keras, KPMJB Sukseskan Kegiatan Sekolah Menulis

Sekolah menulis sesi keenam dengan materi Esai dan Opini bersama Ustadz Fardan, Lc. di Aula Pasanggrahan KPMJB, Distrik 9, Nasr City [Foto: Aziz]

Keluarga Paguyuban Masyarakat Jawa Barat (KPMJB) berhasil menggelar kegiatan Sekolah Menulis KPMJB sejak Rabu (11/9) sampai dengan acara penutup pada Sabtu (28/9) kemarin di Aula Pesanggrahan KPMJB. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang sangat besar dari Mahmud Abdullah, Gubernur KPMJB, karena dengan adanya Sekolah Menulis ini, diharapkan bisa melahirkan bibit-bibit unggul yang kritis dan produktif.

“Karena saya amati dari 5 tahun belakangan ini, KPMJB Mesir khususnya, sulit sekali untuk bisa memadukan dan juga bisa menjadikan warganya itu produktif,” ungkap Mahmud dalam sambutannya sebelum penutupan acara.

Selain itu, Sekloah Menulis ini juga bertujuan untuk membangun jiwa-jiwa idealis dan kritis bagi para pesertanya, terlebih bagi orang banyak. Sebab, karena memang sebagai mahasiswa Al-Azhar, hal-hal seperti metodologi menulis ini tidak diajarkan. Di era modern seperti ini, seorang mahasiswa seharusnya identik dengan menulis, idealis, dan kritis, agar ke depannya bisa berguna bagi diri sendiri, bangsa dan negara.

Di samping kegiatannya yang terstruktur dengan sangat baik dan rapi, Sekolah Menulis yang digelar oleh Manggala KPMJB bekerja sama dengan Divisi Keilmuan KPMJB, ini juga menghadirkan banyak pemateri-pemateri yang hebat, seperti salah satunya adalah M. Fardan Satrio Wibowo, Lc. Beliau pernah menjadi pemred Sinar Muhammadiyah. Bahkan Fardan sendiri dianggap sebagai guru spiritual dan intelektual secara rahasia oleh Mahmud Abdullah, rekan sekaligus teman beliau.

Berdasarkan pemaparan dari Mufaridun, moderator sekaligus Koordinator Divisi Keilmuan KPMJB, Sekolah Menulis ini masih akan ada yang namanya kelas intensif, yaitu bimbingan para mentor dari masing-masing kelompok yang telah dibagikan, pada Oktober mendatang. Kelas Intensif ini bertujuan untuk mengkader para peserta agar bisa memanfaatkan ilmu yang telah mereka dapat di Sekolah Menulis, sehingga kelas ini akan terus berlanjut.

Reporter: Defri Cahyo Husein [Editor Buletin Manggala]
Share on Google Plus

About KPMJB Mesir

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 comments:

Post a Comment